Membuat Website Lowongan Kerja

Category:  Business

Di Tahun 2023 mendatang diperkirakan peluang bisnis membuat situs lowongan kerja akan kembali populer. Dengan adanya kemudahan para pelamar pekerjaan yang rata-rata tidak membutuhkan dokumen fisik yang dikirim ke perusahaan. Juga memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk mencari kandidat pekerja yang sesuai kriteria.

Jasa Membuat Website Lowongan Kerja

Keuntungan bisnis dari memiliki website lowongan kerja adalah karena website lowongan pekerjaan berpotensi untuk dicari banyak orang melalui search engine, maka Anda tidak memerlukan waktu lama untuk menarik anggota baru baik dari pencari kerja dan penyedia lapangan kerja. Di Website ini pun dapat ditambahkan sistem membership atau layanan berlangganan berbayar bagi mereka yang hendak mencari kerja. Dengan begini, situs lowongan kerja yang dibuat terus menghasilkan keuntungan.

Dengan hadirnya internet telah mengubah cara orang-orang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Termasuk dalam hal mencari pekerjaan. Hal ini memicu perkembangan adanya website lowongan kerja yang memungkinkan bagi banyak pengusaha untuk memasukkan lowongan kerja agar bisa di akses oleh para pencari kerja.

Hal paling pertama yang harus dipersiapkan dalam setiap langkah pembuatan website lowongan kerja adalah nama domain. Tidak ada kriteria khusus dalam menentukan nama domain untuk website lowongan kerja. Namun, ada beberapa tips yang sebaiknya Anda pertimbangkan ketika membuat nama domain. Salah satunya adalah pakai nama domain yang singkat dan mudah diingat oleh orang banyak. Jangan lupa buatlah akun dengan nama yang sama untuk dipakai di berbagai platform media sosial.

Website lowongan kerja sangat membantu banyak orang menemukan pekerjaan yang mereka cari di kolom pencarian. Website lowongan kerja juga membantu banyak perusahaan dengan memposting daftar pekerjaan dan menemukan calon pekerja yang diharapkan sesuai dengan kriteria mereka.

Perkembangan Website Lowongan Kerja

Di masa mendatang akan banyak orang yang mencari pekerjaan dengan mudah melalui website lowongan kerja baik secara remote maupun secara onsite, full time employee ataupun part time employee. Keuntungan yang dapat diraih dari pemilik website lowongan kerja adalah owner dapat memasang iklan berbayar, membuat akses berbayar bagi pencari lowongan kerja, ataupun memperoleh fee atau bayaran dari perusahaan yang ingin memasang lowongan kerja di website.

Paket Langganan Berbayar Website Lowongan Kerja

Para pencari kerja dan penyedia lowongan kerja diharapkan nyaman dan diberi kemudahan serta user-friendly dalam mencari di kolom pencarian di dalam website.

Ada hal yang krusial dan penting sekali untuk diperhatikan dalam membuat website lowongan kerja, selain fitur Membership & Content Restriction harus dapat berfungsi dengan baik serta jangan lupa untuk mengaktifkan registrasi user di website yang Anda miliki serta memasang sertifikat SSL. 

Dengan adanya website lowongan kerja atau biasanya disebut website job portal yang menghubungkan para pencari kerja dan para employer adalah menjangkau lebih banyak kandidat, fleksibel dan tak terbatas, adanya otomatisasi proses, serta meningkatkan pengalaman positif para pencari kerja dan perusahaan pun dapat merekrut dengan biaya lebih hemat.

Elemen - elemen website yang perlu ditambahkan dalam membuat website lowongan kerja adalah :

1. Halaman Daftar Pekerjaan (Job Listing)

Saat perusahaan memposting detail lowongan di situs daftar pekerjaan, mereka harus memberikan deskripsi mendetail. Deskripsi pekerjaan yang singkat tidak akan menarik banyak kandidat. Pencari kerja tidak akan melamar pekerjaan yang memiliki sedikit atau tanpa informasi sama sekali. Perusahaan dapat menulis tentang lowongan pekerjaan mereka secara detail. Jadi, kandidat dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pekerjaan sebelum mereka melamar.

Halaman Daftar Pekerjaan

2. Advanced Search Form (Formulir Pencarian Lanjutan)

Perusahaan akan menggunakan website Anda untuk mencari kandidat yang memenuhi syarat untuk mengisi lowongan mereka. Demikian pula, pencari kerja juga akan mencari profil perusahaan tempat mereka ingin bekerja. Anda perlu menyediakan form pencarian lanjutan untuk perekrut dan pencari kerja. Bagian pencarian ini juga perlu memiliki beberapa opsi filter. Beberapa filter mungkin untuk lokasi, kata kunci, kategori, dan sebagainya.

Contoh Filter Pencarian Lowongan Kerja

3. Front-End Submission

Visitor website Anda menginginkan cara mudah untuk mengirimkan informasi yang relevan di portal pekerjaan. Beberapa informasi tersebut mencakup detail lowongan, resume, profil kandidat, profil perusahaan, dan lainnya. Pengunjung website tidak ingin menghubungi admin untuk memposting detail ini setiap saat. Sebagai gantinya, Anda harus membiarkan mereka mengirimkannya dari front-end.

4. Desain Website Yang Mobile Friendly

Apakah website Anda ditampilkan dengan benar di semua ukuran layar? Perusahaan dan pencari kerja akan menjelajahi website Anda dari berbagai perangkat tampilan seperti smartphone, laptop, desktop, tablet, dan lainnya.

Website Mobile Friendly

Visitor website anda tidak akan menganggap enteng pengalaman web yang tidak menyenangkan. Jika pengunjung website tidak dapat menjelajahi situs dari perangkat ini, mereka akan segera meninggalkan website anda. Faktanya, desain website yang mobile-friendly adalah salah satu faktor penting untuk menaikkan jumlah visitor dan kenyamanan mereka mengunjungi website Anda.

5. Optimisasi SEO (Search Engine Optimization)

Para pencari kerja menggunakan search engine seperti Google untuk menemukan lowongan yang mereka inginkan. Perusahaan juga mengandalkan search engine untuk mencari kandidat yang memenuhi syarat. Kita dapat menyimpulkan bahwa mesin pencari adalah platform pemasaran yang hebat. Dengan adanya optimisasi SEO, maka Google dan mesin pencari lainnya dapat memahami konten website Anda dengan mudah.

6. Integrasi Google Maps

Google Maps sangat membantu kandidat untuk menemukan keberadaan perusahaan. Kita bisa mengintegrasikan website dengan Google Maps, atau opsi lainnya. Beberapa alternatifnya termasuk Bing Maps, OpenStreetMap, Maps.me, dan lainnya.

7. Fitur Translate Bahasa

Apakah Anda menargetkan pengunjung website yang berbicara dalam beberapa bahasa? Jika ya, maka website Anda harus disediakan fitur translate ke dalam berbagai bahasa sehingga memperluas jaringan para pencari kerja dan perusahaan di berbagai negara dalam cakupan pasar tenaga kerja global.

Berikut adalah contoh screenshot Dashboard untuk Employer (Perusahaan / Perekrut) di dalam website untuk menambahkan lowongan pekerjaan di halaman Job Listing

Contoh Dashboard Employer

Kami siap melayani jasa pembuatan dan pengembangan website lowongan kerja dengan kualitas terbaik, fitur yang lengkap dan dengan harga terjangkau. Beberapa klien kami, baik dari perusahaan swasta, BUMN, maupun dinas pemerintahan mempercayakan jasa pembuatan websitenya kepada kami. Untuk informasi jasa pembuatan website lowongan kerja bisa menghubungi kami melalui:

Telepon (Whatsapp): +62-896-0555-2515

E-mail: contact@desainkreasi.com

Website: www.desainkreasi.com