Cara Cermat Mengelola Website

Category:  Business

Memiliki website bisnis memang membuat Anda memiliki senjata ampuh untuk meraih pelanggan. Tapi apa gunanya senjata jika Anda tidak pernah mengasahnya? Website Anda harus selalu dievaluasi dan diperbarui. Temukan hal-hal apa saja yang perlu Anda evaluasi dalam mengelola website Anda dan usaha apa yang bisa Anda lakukan untuk membuat website Anda.

Agar Anda tetap bisa membuat website Anda untuk selalu menjadi senjata pemasaran yang ampuh, kami akan bagikan beberapa cara jitu mengelola website bisnis agar keuntungan selalu mengalir dan bisnis Anda lancar:

1. Gunakan cara pandang konsumen

Coba jawab pertanyaan-pertanyaan ini:

  1. Apa yang membawa pelanggan ke website Anda?
  2. Apakah pelanggan memiliki kesulitan dalam mencerna informasi di website tersebut? Apa masalahnya?
  3. Kira-kira, apa saran pelanggan Anda untuk website yang lebih baik?
  4. Apakah informasi yang ditampilkan cukup meyakinkan pelanggan untuk melakukan transaksi?

2. Mendesain ulang website anda

Beberapa pemilik usaha melakukan satu kesalahan yang sama yaitu membiarkan website yang sudah dibuat tanpa perubahan dalam hitungan tahun. Website bisnis bukanlah lukisan / prasasti yang semakin kuno semakin baik! Untuk menghindari hal tersebut, kita harus update konten dan desain yang lebih menarik. Karena perkembangan web design sungguh sangat pesat tiap tahunnya.

3. Desain website simple, minimalis namun informatif

Anda bisa saja mengubah, memperbarui, maupun menambahkan elemen apapun dalam desain website Anda. Namun ingat bahwa, penambahan atau pembaharuan yang Anda buat harus tetap membuat website Anda tidak semakin semrawut. Sebaliknya, desain yang minimalis cenderung membuat konten website Anda lebih mudah dipahami pengunjung website Anda.

4. Tampilkan informasi lengkap, akan tetapi ...

Semua orang pasti tahu bahwa perusahaan bisnis harus menampilkan informasi yang lengkap. Tapi tahukah Anda bahwa pandangan bahwa “menampilkan informasi lengkap” bisa menjadi jebakan? 

5. Mempermudah konsumen menghubungi anda

Ingat selalu bahwa Anda membuat website untuk menarik calon pelanggan melakukan transaksi. Karena itu Anda harus membuat konsumen mudah untuk menemukan informasi, melakukan transaksi, dan menghubungi Anda secara langsung.

6. Website Bisnis Bicara tentang Bisnis, Bukan Tentang Anda!

Website usaha yang baik tidak dibuat menuruti selera pemilik usaha atau petinggi perusahaan namun dibuat untuk memenuhi kebutuhan informasi pengunjung website. Website bisnis harus bicara bisnis, desain dan kontennya harus ditujukkan untuk meningkatkan penjualan atau transaksi.

7. Hindari menghamburkan uang di Media Sosial

Jika Anda terlalu fokus pada kampanye media sosial namun lupa melakukan update dan perbaikan pada website Anda, itu hanya akan membuang-buang waktu dan uang Anda!

8. Review & Refresh!

Lakukan review dengan menganalisa dan melakukan evaluasi performa website Anda. Apakah sudah maksimal? Hal apa yang harus diperbaiki?