Membuat Website Freelance Marketplace

Category:  Business

Pada tahun 2023 diprediksi akan menjadi tahun dengan perkembangan yang sangat pesat terhadap jumlah freelancer di seluruh dunia. Saat perekrutan karyawan atau pegawai mulai berhenti, kemungkinan ada sekitar 78% perusahaan akan mengandalkan pekerja lepas atau freelancer pada tahun 2023 daripada menambah staf atau karyawan baru.

Salah satu kebijakan perusahaan di masa sekarang dan masa depan adalah dalam hal efisiensi dan penghematan untuk membayar gaji karyawan. Dimana dalam proses restrukturisasi pegawai di dalam sebuah perusahaan website lowongan kerja tetap selalu akan dibutuhkan dan menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Di era pasca pandemi yang menerapkan kebijakan WFH (Working From Home) membuat sistem bekerja secara freelance banyak diminati oleh banyak orang dan memberi beberapa keuntungan juga untuk perusahaan.

Beberapa fitur penting dari pembuatan website marketplace untuk pekerjaan freelance adalah sebagai berikut :

1. Profil pembeli jasa (recruiter) dan pekerja lepas (freelancer)

Baik pembeli jasa maupun pekerja lepas harus memiliki masing-masing halaman profil untuk membangun rasa saling percaya diantara dua pihak. Dimana halaman profil ini berisi pengalaman, kualifikasi dan kemampuan para pekerja lepas serta rating dan status pekerjaan yang diberikan oleh kedua belah pihak.

2. Halaman register (daftar) dan login (masuk)

Adanya halaman registrasi memudahkan pencarian data yang kredibel dan terpercaya diantara para pemberi kerja dan pekerja lepas sehingga memberi keuntungan terhadap kedua belah pihak.

Website Marketplace Freelancer

3. Navigasi dan pencarian situs website

Fitur pencarian berguna untuk memudahkan pencarian para pekerja lepas atau pekerjaan yang sesuai kriteria yang diinginkan. Hal ini juga mendukung tingkat optimasi SEO untuk pencarian website di search engine.

4. Pembayaran online dan fitur e-wallet

Setelah membuat akun menjadi pekerja lepas atau menjadi pemberi pekerjaan, salah satu hal terpenting yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana cara yang tepat untuk menerima atau melakukan pembayaran. Adanya berbagai banyak pilihan pembayaran online atau dengan fitur e-wallet dalam website yang dapat dicairkan dengan mudah oleh para freelancer akan menarik minat banyak para freelancer untuk mendaftar di website marketplace freelancer ini.

5. Ulasan dan testimoni dari kedua belah pihak

Masing - masing baik dari pihak pemberi pekerjaan dan pihak pekerja lepas adalah akan diberi fitur testimonial dan review serta kepuasan setelah pekerjaan atau proyek yang dikerjaan dapat rampung dan selesai. Hal ini meningkatkan potensi dan kualifikasi kedua belah pihak yang mempengaruhi terjadinya suatu deal proyek kerja antara kedua belah pihak.

6. Fitur komunikasi (direct message)

Masing -masing dari pihak pemberi kerja dan pihak pekerja lepas dapat terhubung satu sama lain untuk mediskusikan proyek yang akan dikerjakan melalui fitur komunikasi khusus di dalam website seperti direct message. Freelancer adalah pekerjaan yang berkaitan erat dengan komunikasi. Sehingga para freelancer dapat mengelola komunikasi dengan klien (pemberi kerja) secara langsung.

Daftar Menjadi Freelancer

7. Fitur admin

Dengan adanya halaman daftar sebagai recruiter atau sebagai freelancer memungkinkan keduanya mempunyai fitur admin dashboard sesuai role nya masing-masing baik sebagai pemberi kerja atau sebagai pekerja lepas atau freelancer yang berguna untuk mengatur dan me-manage sendiri proyek yang masuk dan berada di tahap level mana pekerjaan itu selesai.

 

Keuntungan menjadi pekerja lepas adalah selain fleksibel memilih jam kerja, kamu juga memiliki kebebasan untuk memilih project yang sesuai dengan minatmu.

Kamu juga bisa menentukan kriteria klien atau perusahaan seperti apa yang project-nya ingin kamu kerjakan.

Berkat adanya website freelancer marketplace yang menghubungkan para pemberi kerja dan pekerja lepas ini, kini seorang klien (pemberi kerja) bebas memilih siapa pun freelancer atau pekerja lepas yang paling cocok bekerja untuk mereka.

Keuntungan Menjadi Freelancer

Beberapa contoh bidang pekerjaan yang biasanya membutuhkan jasa pekerja lepas.

1. IT dan Web App development

Peran yang biasanya dibutuhkan di antaranya adalah web developer, quality assurance, dan web atau app programmer.

2. Desain Grafis

Ada banyak perusahaan yang membutuhkan peran seorang desainer dan pekerja kreatif untuk membantu mereka dalam tugas-tugas yang kebanyakan bersifat jangka pendek. Peran yang biasanya dibutuhkan sangat banyak, mulai dari graphic designer, video editor, ilustrator, fotografer, website designer, product designer, dan lain-lain.

3. Sales dan Digital Marketing

Banyak lowongan pekerjaan lepas yang tersedia di bidang ini mulai dari customer support, social media officer, campaign strategist, content creator marketing, email marketing, dan lain-lain

4. Penulisan dan Translator

Bidang yang satu ini biasanya menjadi salah satu bidang yang paling banyak diincar oleh para freelancer. Mulai dari penulisan artikel, copywriting, terjemahan, hingga deskripsi produk, kamu bisa coba ambil project sebanyak-banyaknya di website marketplace freelancer.

5. Admin dan customer support

Customer support artinya mereka yang bertanggung jawab untuk menanggapi komplain konsumen. Selain itu, mereka juga memiliki peran seperti customer support dan admin pada umumnya, yaitu memastikan pelayanan yang baik untuk konsumen dan mengelola database perusahaan.

6. Finance dan accounting

Ada banyak perusahaan yang membutuhkan jasa mereka, termasuk untuk keperluan akuntansi. Freelancer yang bekerja di bidang accounting adalah pekerja lepas yang membantu mengelola laporan keuangan dan pembayaran pajak perusahaan.

Kami siap melayani jasa pembuatan dan pengembangan website freelancer dengan kualitas terbaik, fitur yang lengkap dan dengan harga terjangkau. Beberapa klien kami, baik dari perusahaan swasta, BUMN, maupun dinas pemerintahan mempercayakan jasa pembuatan websitenya kepada kami. Untuk informasi jasa pembuatan website freelancer bisa menghubungi kami melalui:

Telepon (Whatsapp): +62-896-0555-2515

E-mail: contact@desainkreasi.com

Website: www.desainkreasi.com