SEO Landing Page Konversi Tinggi

Category:  Business

Penempatan Kata Kunci Yang Tepat

Saat membuat halaman landing page dengan optimisasi SEO , pertimbangkan kiat dan praktik terbaik berikut ini : 

1. Hindari penambahan subdomain untuk landing page
Seringkali ketika membuat halaman landing page menggunakan CMS (Content Management System), Anda memiliki pilihan untuk menambahkan subdomain dari penyedia layanan.
Misalnya, saat Anda membuat halaman menggunakan domain desainkreasi.com, Anda memiliki opsi untuk menerbitkannya ke domain khusus Anda sendiri (www.desainkreasi.com/yourlandingpage), atau simpan ".desainkreasi.com" di akhir URL Anda dan biarkan kami tuan rumah untuk Anda (yourbrand.pagedemo.com).

Pada awalnya, kesederhanaan membiarkan kita menangani hosting Anda mungkin tergoda untuk memanfaatkannya. Tapi bukan ide bagus dalam jangka panjang untuk membuat landing page untuk tujuan seo dengan cara ini.
Anda tidak hanya berisiko membingungkan prospek Anda dengan mengacaukan konsistensi merek Anda, namun Anda kehilangan otoritas mesin telusur yang berharga yang telah dibangun situs web Anda sejak diluncurkan secara online.
Dengan menerbitkan halaman arahan Anda ke domain Anda sendiri, Anda mendapatkan keuntungan tambahan dari dorongan peringkat kecil saat orang mencari kata kunci halaman Anda.

2. Tentukan kata kunci Anda

Ini sangat penting. Ini adalah bagian di mana Anda memilih kata-kata yang Anda inginkan agar mesin pencari memberi peringkat pada halaman Anda.

Penelitian kata kunci bisa menjadi proses yang sangat panjang dan berlarut-larut. Tapi seperti apa pun, semakin banyak riset yang Anda lakukan, semakin siap Anda. Versi singkat terlihat seperti ini: Buatlah daftar istilah yang relevan dengan halaman Anda, dan cobalah untuk mencari tahu kombinasi kata-kata itu (yang disebut kata kunci ekor panjang) yang mungkin diketik orang ke Google dengan maksud untuk menemukan apa yang Anda tawarkan.

Misalnya, saya seorang pengacara yang berbasis di New York City yang membuat halaman arahan yang ditargetkan untuk klien yang merupakan korban kecelakaan mobil. Alih-alih mencoba memberi peringkat untuk istilah luas seperti "pengacara" atau "pengacara kecelakaan mobil," saya akan mencoba "pengacara kecelakaan mobil di Kota Bandung." Atau sesuatu, bahkan lebih tepatnya dari pada itu, seperti "kecelakaan mobil pengacara di Bandung. Kata kunci ekor panjang lebih mudah ditentukan daripada rekan mereka yang lebih pendek, dan seringkali menghasilkan ROI yang lebih tinggi.

3. Sertakan kata kunci Anda secara strategis penempatannya di landing page Anda
Setelah menentukan kata kunci target Anda, Anda akan ingin menempatkannya secara strategis di halaman arahan Anda. Inilah tempat untuk menempatkan mereka jika Anda ingin maju di SERP's:
Title Tag: Ini adalah judul halaman Anda. Ini adalah tautan biru besar yang mewakili laman di SERPs, dan ditampilkan di bagian atas laman di tab browser Anda. Fokus pada membuat judul Anda menarik untuk mendorong klik-tayang.
Meta Description: Ini adalah deskripsi singkat halaman yang Anda lihat di bawah judul di SERP's. Gunakan untuk memberi si pencari gagasan tentang apa yang akan mereka temukan di laman jika mereka mengeklik.
Header Tags: Dalam HTML, tag judul disusun dalam hierarki dari H1 ke H6. Halaman Anda seharusnya hanya memiliki satu tag H1 dan ini harus menjadi tajuk utama Anda. Jika Anda memiliki subpos di bawah H1 tersebut, gunakan H2s. Jika Anda berencana untuk memiliki subpos di bawah H2 Anda, gunakan H3s, dan seterusnya dan seterusnya. Ini memprioritaskan konten Anda. Menempatkan kata-kata ke dalam H1 mengatakan kepada Google "Ini adalah kata-kata yang paling penting di halaman saya."
Nama file gambar: Selalu mencoba memberi nama file deskriptif gambar Anda. Karena Google tidak dapat secara fisik melihat gambar Anda, karena Google harus mengeluarkan deskripsi tertulis yang Anda berikan pada gambar tersebut di dalam nama file. Judul gambar yang berisi kata kunci Anda akan membantu meningkatkan peringkat (kata-kata terpisah dengan tanda hubung, bukan garis bawah juga).
Catatan: Kata kunci Anda harus dibumbui di seluruh konten page Anda. jangan menggunakan kata kunci terlalu banyak, karena Anda berisiko dikenai sanksi oleh Google.

 

Panjang halaman yang optimal

Umumnya kita telah mengetahui bahwa search engine (mesin pencari) menyukai halaman dengan konten yang panjang dan dapat diakses dengan waktu yang singkat. Dan itu benar-benar bertentangan dengan apa yang telah kita semua pelajari tentang membuat landing page (halaman arahan) yang bagus.
Untuk sebagian besar, desain landing page seharusnya minimalis dan singkat. Jadi bagaimana ini bekerja ketika harus membuat landing page (halaman arahan) dengan SEO yang optimal? Apakah ada jalan tengah yang bisa kita capai?
Tidak begitu cepat.
Sementara data menunjukkan bahwa konten yang panjang berperingkat tinggi di search engine, dan hubungan tersebut lebih berkaitan dengan korelasi daripada sebab akibat.
Inilah yang kita maksud: Tidak ada bukti pasti bahwa hanya jumlah kata yang meningkat yang akan meningkatkan posisi SERP Anda. 

Lalu mengapa konten yang paling tinggi peringkatnya panjang?
Alasannya bukan karena jumlah kata yang tinggi, tapi karena itu diteliti dengan baik dan penuh dengan informasi berharga - yang menarik lebih banyak pembaca, lebih banyak saham, dan lebih banyak klik. Semua sinyal ini ke Google bahwa halaman Anda layak mendapat peringkat tinggi. Jadi dengan landing page yang telah dibuat, bila Anda masih khawatir terlalu banyak teks akan mengusik keseluruhan tampilan landing page anda , cobalah untuk memanfaatkan divs yang bisa dilipat.

Halaman Lipat/ Page Fold

Di dalam landing page, page fold adalah satu hal yang sering diabaikan oleh pembuat landing page, terutama yang masih pemula. Page fold adalah pembatas landing page Anda di layar monitor sebelum di scroll.

Page fold ada 2 yaitu above the fold dan below the fold. Above the fold adalah bagian yang berada di atas garis lipatan, sedangkan below the fold adalah halaman di bawah garis lipatan.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat gambar di bawah ini :

Above Page Fold

Kenapa page fold ini penting di landing page? Karena berdasarkan penelitan, orang atau pengunjung landing page mengabiskan 80% waktu mereka di bagian above the fold atau bagian atas page fold.

Sehingga alangkah baiknya bila area above the fold ini di isi dengan sesuatu yang langsung mendatangkan konversi seperti headline dan CTA.

 

Call to Action/ CTA

Ketika anda sudah menerapkan beberapa hal di atas di landing page, namun itu semua tidak ada artinya bila tidak menggunakan Call to Action/ CTA. CTA adalah sebuah perintah untuk pengunjung landing page Anda. Semisal Baca SelanjutnyaPelajari Selengkapnya, Daftar Sekarang, Hubungi Kami, dll. Umumnya CTA ini berupa link dengan format tebal, atau menggunakan tombol. Syarat dari CTA ini haruslah berbeda (bentuk dan warnanya) dengan warna dominan di landing page. Harus menarik perhatian pengunjung landing page Anda.

Testimoni

Cara yang bagus untuk meningkatkan rasio konversi Anda adalah memperlambat apa yang dipikirkan orang lain tentang perusahaan Anda. Dan testimoni adalah cara yang tepat untuk melakukannya. Karena dengan testimoni yang mengena membuat orang yang membacanya jadi tergerak untuk membeli produk atau jasa Anda.

Untuk penempatan testimoni di landing page sebaiknya menggunakan gambar/ foto orang yang memberikan testimoni. Dan yang paling penting, jangan merekayasa testimoni. Namun apabila testimoni yang Anda gunakan adalah asli dari pengalaman dan kesan para pembeli produk / jasa Anda, maka itu akan menjadi senjata untuk benar-benar meningkatkan konversi.