Fitur Checkout Melalui WhatsApp

Category:  Technology

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh pengguna dengan range usia yang cukup tinggi mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Jumlah pengguna internet di Indonesia diperkirakan ada sekitar 171 juta atau sekitar 64,4 persen , dimana ada sekitar 88,7 persen dari 171 juta itu adalah pengguna WhatsApp. Hal ini membuat para pemilik website online shop perlu mempertimbangkan fitur checkout dari order barang langsung melalui WhatsApp.

Angka persentase pengguna WhatsApp di Indonesia mengalami kenaikan sekitar 3,4 persen dibanding tahun sebelumnya. Menurut laporan We Are Social (2022), mereka mencatat WhatsApp digunakan 88,7 persen pengguna internet Indonesia di rentang usia pengguna sekitar umur 16-64 tahun.

Fitur Checkout WhatsApp

Hampir setiap bidang usaha penjualan langsung memiliki katalog atau company profile sebagai landasan untuk model bisnisnya. Mereka tidak mengandalkan pengaturan website e-commerce yang rumit untuk mendukung model penjualan secara langsung.

Umumnya para customer lebih mudah untuk bertanya atau order langsung ke pihak CS (Customer Service) dengan mengisi form order secara detail seperti data diri (nama dan no telepon, serta e-mail), data barang yang akan diorder dan alamat pengiriman. Dan salah satu aplikasi chatting populer yang banyak digunakan banyak orang saat ini terutama di Indonesia yakni menggunakan WhatsApp.

Fitur checkout dari website langsung ke WhatsApp ini sangat membantu para customer terhubung langsung dengan pihak perwakilan dari pemilik toko online (CS) sehingga tingkat engagement antara customer dan owner pun semakin tinggi dengan adanya fitur ini di dalam sebuah website e-commerce.

Kemudahan berbelanja online dari website katalog barang langsung checkout ke WhatsApp disinyalir dapat meningkatkan jumlah penjualan dan keuntungan yang dapat dihasilkan dari sebuah website online shop.

Tingkat kedekatan hubungan serta loyalitas antara customer dan brand akan terjalin seperti hal layaknya kita berbelanja secara offline.

Fitur WhatsApp Order dan WhatsApp Checkout yang otomatis diintegrasikan ke dalam online shop akan memungkinkan customer untuk bertanya suatu produk ke WhatsApp dengan sekali klik dari halaman detail produk yang akan diorder.

Data yang diisi dalam form di website sebelum checkout melalui WhatsApp biasanya juga sudah terintegrasi dengan beragam jasa pengiriman yang bisa dipilih oleh customer. Atau bisa juga para konsumen diberikan layanan sehari sampai (dengan kurir instant seperti Grab / Gojek) atau sekaligus bayar di tempat (COD).

Data order dari para pelanggan atau customer meskipun mereka order via WhatsApp, tetap akan tersimpan otomatis dan rapi di dalam database website.

Fitur Checkout WhatsApp Ongkir

Fitur Checkout melalui WhatsApp ini tidak hanya bisa digunakan dalam online shop saja tapi bisa juga digunakan dalam menu digital untuk Restoran, Bar, atau pun Supermarket. Sehingga memudahkan proses order secara digital, cepat dan efisien untuk segala aspek bisnis.

Pastikan juga bahwa dalam konten website e-commerce kita memiliki tampilan yang enak dibaca melalui smartphone (Responsive Web Design dan Mobile User Friendly) agar traffic website usaha kita semakin tinggi.

Kami siap melayani jasa pembuatan dan pengembangan website e-commerce dengan fitur Checkout melalui WhatsApp dengan kualitas terbaik, fitur yang lengkap dan dengan harga terjangkau.

Beberapa klien profesional kami mempercayakan jasa pembuatan websitenya kepada kami. Untuk informasi jasa pembuatan website e-commerce bisa menghubungi kami melalui:

Telepon (Whatsapp): +62-896-0555-2515

E-mail: contact@desainkreasi.com

Website: www.desainkreasi.com