Membuat Form WhatsApp Order

Category:  Technology

Indonesia disinyalir merupakan pengguna WhatsApp terbesar ketiga di dunia. Jumlah pengguna WhatsApp di Indonesia hampir 89% pengguna pada Feb 2022. Sehingga fungsi pembuatan form WhatsApp ini dapat membantu mempermudah fungsi order, yang dimana order akan langsung dikirimkan melalui WhatsApp dari form Whatsapp di website owner

Menurut HootSuite pengguna media sosial di Indonesia sudah mencapai 191 juta jiwa.

Persentase pengguna setiap platform media sosial [berbasis survei] ditunjukkan melalui gambar di bawah ini:

Kecenderungan orang Indonesia untuk menggunakan WhatsApp sebagai media bisnis, berjualan dan promosi dibandingkan e-mail membuat penulis ingin membagikan cara bagaimana membuat form WhatsApp order yang tersambung dari website langsung ke no WhatsApp.

Form Whatsapp yang dibuat sebagai contoh dibawah ini tidak hanya berfungsi sebagai form order saja, tapi bisa sebagai form registrasi, form kontak, dan sebagainya.

Sekarang ini sudah banyak kita jumpai bahwa baik online shop ataupun website lainnya yang menyediakan fitur pemesanan atau order yang langsung menuju ke nomor WhatsApp. Hal ini tidak terlepas dari kebiasaan pelanggan kita yang masih mudah dan praktis berkomunikasi dan online shopping via WhatsApp.

Bila sebelumnya kita pernah membahas bagaimana cara membuat button order whatsapp yang tersambung dari website online shop.

Maka untuk kali ini kita akan mencoba untuk membuat formulir order sederhana yang nantinya pelanggan akan checkout langsung menuju aplikasi WhatsApp. Untuk lebih detailnya silakan lihat demo CODEPEN di bawah ini.

 

See the Pen Untitled by Yuliana DK (@yuri2908) on CodePen.

 

Untuk tampilan formulir diatas penulis menggunakan bantuan CSS framework Bootstrap.

Anda bisa mencoba menggunakan contoh formulir order berbasis HTML dan Javascript ini. Apabila berhasil, secara otomatis isian formulir akan dikirim ke nomor WhatsApp yang diinginkan.

Anda bisa mengkustomisasi form di bagian Code HTML yang tertera di CODEPEN diatas seperti Nama, E-mail, No. HP, Pilihan Nama Produk, serta Catatan Tambahan bial diperlukan.

Anda juga bisa mengganti nomor WhatsApp dan pengaturan pesan pada bagian /* WhatsApp Setting */ seperti kode CODEPEN (JS) yang tertera diatas.

Menambahkan form WhatsApp di Website adalah merupakan salah satu strategi jitu untuk meningkatkan pelayanan pelanggan dan mempercepat proses penjualan. Karena pelanggan tidak suka diabaikan, quick response melalui WhatsApp. Dengan pelayanan Anda yang cepat dalam membalas pesan yang terkirim melalui form WhatsApp, pelanggan akan merasa sangat dihargai sehingga meningkatkan reputasi toko online dan website bisnis anda.