Pasar Generasi X, Y dan Z

Category:  Technology

Tahukah anda? Generasi X, Y dan Z digunakan untuk merujuk kepada kelompok generasi dalam kumpulan umur tertentu. Seperti yang Don Tapscott kemukakan dalam bukunya Grown Up Digital yang membagi berbagai generasi ke dalam kelompok berikut:

  1. Pre Baby Boom (lahir pada 1945 dan sebelumnya)
  2. The Baby Boom (lahir antara 1946 – 1964)
  3. The Baby Bust (lahir antara 1965 – 1976) – Generasi X
  4. The Echo of the Baby Boom (lahir antara 1977 – 1997) – Generasi Y
  5. Generation Net (lahir antara 1998 hingga kini) – Generasi Z
  6. Generation Alpha (lahir pada 2010) – Generasi A

Guru Besar Manajemen Universitas Indonesia Rhenald Kasali mengungkapkan saat ini akan terjadi perubahan pasar, yang memungkinkan sebuah perusahaan berkembang dengan cepat. Namun di sisi lain, perubahan tersebut juga akan membuat banyak korporasi semakin menciut dalam waktu yang sangat cepat. "Karena hal ini akan membuat terjadinya perpindahan pasar.

Misalnya dari toko grosir atau mal berpindah ke toko online. Dari taksi tradisional berubah menjadi taksi online seperti Uber, Grab atau Gojek," Hadirnya dan munculnya Generasi Y dan Z lalu Alpha ini bisa diidentifikasi dari beberapa hal. Pertama adalah munculnya kesenjangan generasi. Selanjutnya terjadi global connections yang lebih cepat, yang dimulai dari finansial dan keahlian, dan disusul oleh produk dan sistem produksi yang sama sekali baru. Maka lakukan perubahan sekarang dengan mengadaptasi teknologi baru, jangan takut untuk memasarkan produk anda secara online.

Hasilnya jauh lebih memuaskan daripada memasarkan produk dan jasa anda secara konvensional, mengingat pasar generasi millenials (y dan z) hingga alpha lebih cocok dengan pemasaran secara digital untuk para generasi digital native ini. Digital Native adalah generasi yang lahir di masa ketika perkembangan teknologi digital berlangsung. Ciri-ciri generasi ini adalah tidak kikuk dan mudahnya mengoperasikan aneka gadget masa kini walau baru pertama kali menggunakannya, lebih melek media, suka berkelompok sosial di dunia maya, lebih suka browsing informasi daripada baca buku untuk menunjang pendidikan dan suka meng-update informasi secara online. Terdapat 3 (tiga) perbedaan signifikan antara Generasi Y dan generasi lampau yang disebut Generasi X.

Generasi Millenial

Diantaranya adalah Penggunaan Teknologi, Tingkat Intelegensi, Aktivitas dan Hobi. Mari kita cari tahu melalui infografik berikut:

#1. Hobi dan Aktivitas

Generasi Millenial

#2. Penggunaan Internet dan Social Media

Generasi Millenial

#3. Televisi & Video Games

TV dan Games

#4. Intelektualitas Generasi Y dan Generasi X

Generasi Millenial

Generasi Millenial

Generasi Millenial

Sumber: edudemic.com.