Buat Website Untuk Instagram Shop

Category:  Business

Salah satu bagian dari syarat untuk mendaftar akun instagram shop yang terhubung langsung ke katalog facebook adalah mempunyai website sendiri. Berikut kami paparkan cara mudah membuat website toko online dan diintegrasikan dengan Instagram Shopping.

Platform media sosial yang sudah populer yakni Instagram digunakan setidaknya oleh 1 miliar orang di seluruh dunia per bulannya. Berdasarkan data Napoleon Cat, jumlah pengguna Instagram di Indonesia mencapai 97,38 juta orang pada Oktober 2022.

Instagram Shopping bisa kita manfaatkan sebagai cara baru untuk melakukan promosi dan memajang produk di etalase online. Instagram yang semula ditujukan menjadi platform media sosial sudah memiliki berbagai fitur yang kamu perlukan untuk mendekatkan diri dengan calon pembeli sehingga kita dapat terhubung dengan para konsumen produk kita secara interaktif melalui fitur IG Story dan Direct Message (DM) untuk berinteraksi langsung dengan followers atau fitur IG Live Streaming yang bisa kita gunakan untuk menampilkan iklan untuk para followers di Instagram.

Buat Website Untuk Instagram Shopping

Selain produk yang dipromosikan melalui Instagram atau Facebook Ads, ada fitur yang juga tak kalah penting dan bisa kamu manfaatkan untuk promosi produk kamu. Fitur itu adalah Instagram Shopping.

Mungkin kamu pernah melihat beberapa akun bisnis di Instagram yang memajang foto produk sekaligus menambahkan price tag seperti pada gambar berikut ini.

Buat Website Untuk Katalog Instagram Shopping

Akan tetapi jika kita ingin menggunakan fitur Instagram Shopping, Instagram telah menambahkan syarat kelayakan baru, yaitu bisnismu harus memiliki website sendiri terlebih dulu. Ini menunjukkan bahwa bisnis kamu terlihat profesional karena telah mempunyai official website sendiri.

Ada beberapa persyaratan berikut yang perlu kamu patuhi agar permintaanmu diterima oleh Instagram.

1. Bisnis berlokasi di area yang didukung oleh fitur Instagram Shopping. Saat ini Indonesia termasuk dalam negara yang mendukung fitur ini.

2. Pastikan produk yang dijual memenuhi syarat yang diminta Instagram

3. Bisnis harus mematuhi perjanjian antara penjual dan kebijakan perdagangan Instagram

4. Bisnis memiliki website sendiri yang akan digunakan untuk berjualan

Setelah memenuhi berbagai persyaratan tersebut diatas maka lanjutkan beberapa langkah untuk mengaktifkan Instagram Shopping berikut ini:

1. Ubah akun instagram menjadi akun bisnis

Untuk mengubah akun Instagram menjadi akun bisnis atau kreator, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Login ke akun Instagram
  • Buka pengaturan
  • Pilih ‘Account’
  • Pilih ‘Switch to a Professional Account’
  • Tekan ‘Continue’
  • Atur kategori bisnis
  • Pilih ‘Done’

2. Buat website yang berisi halaman produk dan detail produk

3. Buat halaman Facebook dan tambahkan katalog

Katalog Facebook

4. Aktifkan Instagram Shopping dan hubungkan ke katalog Facebook

Setelah selesai memasukkan katalog produk di halaman Facebook dan juga di website, kini saatnya kita dapat mengaktifkan Instagram Shopping melalui aplikasi Instagram melalui HP.

  • Klik Business di pengaturan
  • Pilih Sign Up for Shopping
  • Tautkan Instagram dengan katalog Facebook yang telah dibuat sebelumnya.
  • Setelah itu pilih Facebook Catalog Manager, lalu klik “Check for Catalog”.

5. Tunggu Akun Ditinjau Oleh Pihak Instagram

Kita perlu menunggu proses peninjauan dari pihak Instagram hingga mendapat izin untuk membuat Instagram Shopping.

6. Aktifkan fitur shopping di Instagram

Setelah akun disetujui oleh Instagram, kita dapat mengaktifkan fitur Shopping. Jika pilihan fitur Shopping belum ada di pengaturan, berarti akun Instagram anda masih dalam proses peninjauan atau masih belum disetujui.

7. Tambahkan label produk

Setelah disetujui oleh Instagram, maka kamu akan dapat membuat konten IG Feed yang dapat ditindak lanjuti dengan cara tap pada konten tersebut untuk melihat produk-produk yang ada di dalamnya. Label produk dapat ditambahkan dengan cara klik “Tag Products” lalu pilih produk dari katalogmu dan untuk saat ini Instagram membatasi tag hanya sampai 5 produk saja dalam satu foto postingan. Aktifkan share di Facebook jika kamu ingin sekaligus mengunggah konten di dua media sosial. Setelah itu, klik Share atau Bagikan.

Penting sekali untuk kita selalu update konten akun sosial media dan website untuk peningkatan status sosial brand anda di mata publik.

8. Verifikasi domain website anda

Untuk beberapa hal, Facebook masih memerlukan verifikasi domain website. Verifikasi domain website merupakan langkah untuk mengklaim kepemilikan bisnis kita di pengelola bisnis Facebook. Kepemilikan domain website ini memungkinkanmu mengatur siapa saja yang diberi otoritas atas tindakan tertentu di halamanmu. Tujuannya adalah untuk keamanan akun bisnis kita di Facebook.

Menggunakan website sebagai toko online utama yang bisa kamu desain sedemikian rupa sesuai keinginanmu serta menghubungkan nya dengan Instagram Shopping akan meningkatkan brand awareness kepada para konsumen produk kamu.