Marketplace Diperkirakan Surut

Category:  Business

Pada Tahun 2018, Pakar informasi dan teknologi (IT) Ludo Lustrous pernah memproyeksikan tren marketplace yang berkembang pesat dalam beberapa waktu terakhir ini bakal surut sebentar lagi.

Menurut beliau, mesin pencari cenderung akan menjadi "penguasa" di dunia maya karena mesin pencari itulah yang memiliki potensi untuk lebih banyak digunakan ketimbang marketplace.

Oleh karena itu, Ludo menyarankan untuk para pebisnis atau start up (pemula) sebaiknya mulai dari saat sekarang ini sudah mengembangkan website sendiri untuk bisnisnya dan tidak sekedar mengandalkan pemasaran melalui marketplace yang sudah ada.

Terlebih lagi di Indonesia, baru-baru ini kita dikejutkan dengan adanya berita 91 juta data pengguna yang terbobol Hacker di salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Sebelumnya, Marketplace tersebut dilaporkan mengalami peretasan, bahkan jumlahnya diperkirakan 91 juta akun dan 7 juta akun merchant, tidak lagi 15 juta seperti yang diberitakan sebelumnya.

Marketplace vs Online Shop

Kini berjualan produk di marketplace benar-benar akan semakin cepat surut dan para pebisnis sudah harus segera bertindak untuk membangun brand usaha nya melalui platform/website e-commerce sendiri.

Dalam beberapa tahun ke depan konsumen akan lebih mudah teryakinkan oleh bisnis yang telah memiliki website atau online shop sendiri.

Kalau sebuah bisnis atau usaha sudah punya website sendiri akan lebih dipercaya pelanggan dan dianggap benar-benar serius mengembangkan platform onlinenya.

Agar website bisnis kita dapat berlangsung dengan baik, ingatlah untuk selalu menggunakan testimoni para customer anda atau untuk bagian penjelasan produknya, menggunakan hashtag atau tanda pagar, dan menggunakan SEO (Search Engine Optimization). Sehingga website anda tentunya harus Mobile dan SEO friendly di mata pengunjung dan dan calon customer anda

Kita akan berpikir penting sekali mempunyai toko online sendiri. Kita dapat memiliki sumber penghasilan sendiri dan dapat dengan bebeas mengelola serta memonetisasi situs web bisnis kita sendiri. Jadi ingatlah itu sebelum Anda mengabaikan ide memiliki toko online pribadi.

Keuntungan memperoleh toko online sendiri adalah :

- Kontrol penuh atas toko online Anda
- Tidak ada pembaruan yang tak terlihat yang dapat menunda penjualan bisnis kita
- Tanpa khawatir tentang ada persaingan harga seperti di marketplace, dan bisa bawa target pasar kita sendiri
- Tidak ada risiko toko kita dihapus oleh pihak marketplace

Makanya jangan tunggu lama lagi. Apalagi di saat dunia masih dilanda pandemi yang kita tidak tahu kapan akan berakhir, membuat website sendiri itu sangat penting untuk pengusaha yang memulai bisnisnya dari rumah.