Manfaat Website Portofolio

Category:  Business

Mengapa Anda Membutuhkan Website Portofolio dan Bagaimana Cara Membuatnya? Jika Anda seorang desainer, copywriter, ataupun fotografer. Maka anda adalah salah satu dari jutaan klien dan orang di bagian recruiting yang sedang mencari ribuan CV milik Anda. Melalui adanya website portofolio anda, jauh lebih mudah untuk berhasil mendapatkan pekerjaan.

Apa itu Website Portofolio dan Mengapa Anda Membutuhkannya?

Website portofolio adalah cara terbaik untuk memamerkan karya Anda dan membiarkan orang lain menjangkau Anda. Ini adalah seperti layaknya roti dan mentega jika Anda seorang pekerja lepas di bidang apa pun.

Sebuah website portofolio menyajikan profesionalisme dan dedikasi Anda terhadap detail kemampuan dan hasil karya yang tertera lebih jelas daripada CV mana pun. Anda tidak hanya memberi tahu, Anda menunjukkan kasus dan contoh aktual yang berbicara banyak. Selain itu, berkat adanya website portofolio, Anda dapat menunjukkan pendekatan yang matang dan canggih untuk menjual karya Anda bersama diri Anda sendiri.

Banyaknya Portofolio Anda adalah satu-satunya ruang di mana anda dapat membuat platform yang belum pernah dilihat sebelumnya dengan konten unik dan mencapai identitas yang dapat dikenali seperti yang Anda bayangkan. Website portofolio pribadi akan membuat Anda terlihat sebagai available dan jasa anda dapat dicari oleh banyak klien baru. Hal ini memungkinkan calon klien Anda menemukan Anda saat mereka menggunakan mesin pencari atau search engine seperti di Google.

Portofolio yang dimasukan dalam konten sebuah website membuat banyak orang datang kepada Anda bukan hanya karena Anda seorang desainer web, digital marketer, atau copywriter yang luar biasa, tetapi karena mereka menyukai Anda. Anda tahu, ini adalah trik psikologis yang bagus. Pelanggan lebih cenderung memilih mereka, yang tampaknya lebih baik, "menyenangkan", tampak ramah daripada yang lain.

Keterikatan hubungan kita terhadap pelanggan akan bertambah baik dengan memiliki sebuah website portfolio. Selain itu website portofolio merupakan salah satu cara untuk memudahkan perusahaan dalam merekrut calon karyawan.

Manfaat website portofolio selain dalam melamar pekerjaan, kita akan mendapat tawaran pekerjaan lebih cepat dari pada yang lain serta kita juga dapat mendokumentasikan hasil karya portfolio atau pengalaman yang telah kita raih. Akun sosial media saja tidak cukup, dengan ada nya website pribadi. Kita dapat meningkatkan personal branding untuk para fresh graduate. Kekuatan website portfolio yang terhubung dengan berbagai akun sosial media yang anda punya bisa secara otomatis akan lebih mudah dicari dan dibaca oleh banyak orang.

5 Bagian Terpenting Yang Mesti Ada Dalam Sebuah Website Portfolio

1. Hasil Karya Atau Portfolio Anda

Tampilkan hasil karya anda dengan desain visual yang cerah dan menarik yang akan meyakinkan pengunjung untuk mencari lebih detail. Pertimbangkan berbagai cara untuk menyajikan pengalaman Anda dengan desain yang menarik untuk ditambahkan.

2. Halaman Profil Atau Bagian Tentang Anda

Tambahkan nama, foto, dan libatkan story telling tentang kepribadian dan karakter anda. Tunjukkan keahlian, pandangan, dan hasrat Anda, tetapi jangan berpura-pura menjadi seseorang yang bukan Anda. Anda dapat menambahkan layanan yang Anda berikan atau menyorotnya di bagian terpisah.

3. Halaman Testimonial

Semua klien bersemangat tentang ulasan orang lain. Karena hal tersebut dapat meyakinkan pelanggan masa depan Anda bahwa Anda dapat dipercaya dengan memberi mereka umpan balik yang relevan dari klien Anda yang sudah ada atau sebelumnya.

4. Call To Action

Berikan pengunjung website Anda berbagai cara untuk menghubungi Anda. Anda dapat menambahkan button kontak WhatsApp atau formulir kontak bagi orang-orang untuk menentukan permintaan mereka.

5. Halaman Blog

Di halaman blog atau artikel ini, Anda dapat menulis tentang wawasan dan pengalaman Anda. Perkenalkan kepribadian, keahlian, dan pengetahuan Anda dalam postingan yang akan menambah nilai portofolio website Anda dan mendatangkan pengunjung baru ke website portfolio Anda.

 

Manfaat Website Portfolio Bagi Desainer

 
 
Mengapa Website Portfolio Sangat Penting Baik Untuk Pribadi Maupun Perusahaan?

Seperti yang dijelaskan di awal bahwa sebagai personal branding, manfaat website portfolio saat ini lebih banyak diminati oleh para generasi milenial junior atau generasi Z senior yang dianjurkan untuk memliki website. Bahkan juga kelompok freelancer atau mereka yang sudah berpengalaman di lingkungan kerja juga tidak ada kelirunya mulai membuat portfolio website untuk diri sendiri ataupun untuk perusahaan.

Sebuah website perusahaan wajib mencantumkan portfolio di dalamnya karena kredibilitas perusahaan Anda akan meningkat di mata konsumen.